MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSFEKTIF HADITS

  • Radhiyatul Fithri

Abstract

Islam memberikan porsi perhatian yang cukup besar terhadap pendidikan dalam setiap fase perkembangan hidup seorang anak. Dimulai dari masa pembentukan janin di dalam kandungan, masa menyusui, masa kanak-kanak, masa remaja hingga masa dewasa. Untuk mewujudkan itu semua, setiap anak memerlukan seseorang yang membantu perkembangan dirinya dan pemenuhan segala kebutuhan dirinya dengan baik. Di samping itu juga kondisi lingkungan yang tepat dan sesuai dalam pergaulannya dan perkembangan psikologisnya serta pembinaan dirinya dengan pendidikan yang baik. Maka orang tua, pendidik/guru dan lingkungan memiliki andil yang sangat besar dalam hal ini. Materi dan metode pendidikan sesuai dengan konsep islam khususnya konsep hadits menjadi sebuah keniscayaan diaplikasikan dalam mendidik anak demi menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan yaitu membentuk anak yang berkepribadian yang mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armin Ibnu Rasyim, Halimatus Syadi’yah, 2013, Pendidikan Anak Pranatal Menurut Ajaran Islam, Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, Vol I, No 1
Bukhari Umar, 2015, Hadis Tarbawi (Pendidikan Dalam Perspektif Hadis). Jakarta
Dheanda Abshorina Arifiah. 2021. Solusi Terhadap Problematika Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Pesantren Pada Era Abad Ke-21. Jurnal Pendidikan. Vol. 9. No. 2
Fitriningsih. 2016. Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Jurnal: Musawa. Vol. 8 No.1
Faudzil Adzim, Mohammad. 2005. “Positive Parenting, Asyik Jadi Orang Tua Bagi Para Ayah
Nurhadi, N., & Murti, R. A. 2018. HAK AZASI MANUSIA ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. MIMBAR YUSTITIA, 2 (1), 19-39.
Nurhadi. 2019. Pendidikan Teologi Lintas Agama dalam Meraih Keluarga Bahagia (Analisis Teori Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu). AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1 (2), 67-87.
-------, 2019. Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24 (1), 1-34.
-------, 2020. Trilogi Demografis Pendidikan Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah (SD). ISLAMIKA, 2 (2), 176-191.
Ishlahunnisa’. 2010. Mendidik Anak Perempuan Dari Buaian Hingga Pelaminan. Solo: Aqwam
Ibnu Qayyim al-Jauziyah. 2010. Hanya Untukmu Anakku. Jakarta. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Jamal Abdurrahman. 2005. Tahapan Mendidik Anak ( Teladan Rasulullah Saw) Bandung: Irsyad Baitus Salam
Mulianah Khaironi. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.Vol. 3 No. 1
Moh Faishol Khusni. 2018. Fase Perkembangan Anak Dalam Persfektif Al Quran Dan Hadits, Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak. Vol. 2. No. 2
Mulyadi Hermanto Nasution. Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman. Vol. 5 No. 1
Muhammad Anas Ma’arif. 2018. Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif, Jurnal: Ta’allum. Vol. 6. No. 1
Padjrin. 2016. Pola Asuh Anak Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita Volume 5. No. 1
Siti Rosidah. Metode Penyampaian Perintah Dan Larangan Bagi Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol 2. No. 1
Sujiono, Yuliani Ruhani. 2009. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Tatang Hidayat. 2018. Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami, Jurnal Mudarrisuna. Vol. 8 No. 2
Umar Sidiq. 2011. Urgensi Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Insania. Vol 16. No. 2
Published
2021-12-29
How to Cite
FithriR. (2021). MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSFEKTIF HADITS. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 9(1). Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/260

Most read articles by the same author(s)