PENGARUH MEDIA KANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN ANAK KELAS B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak kelas B. penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 30 orang anak di Kelas B. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. Berdasarkan dari data penelitian yang dilakukan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak sebelum dan sesudah penggunaan permainan kancing huruf baik dari hasil skor interval yang mengalami peningkatan, dan nilai rata-rata pada Posttest mengalami peningkatan. Jika sebelum penerapan media kancing huruf nilai minimum sebesar 18 dan nilai maksimum sebesar 25 terjadi peningkatan setelah penerapan media pembelajaran kancing huruf dimana nilai minimum sebesar 36 dan nilai maksimum sebesar 45 dengan demikian terdapat peningkatan.
References
Ali, Mohammad, dkk. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aluh Rahmia Maulidya dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Pohon Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang. Jurnal Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia DiniVolume 1 Nomor 2 Tahun 2019 e-ISSN: 26556332.
Armayanti, Yesy. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Melalui Permainan Kancing Huruf Pada Anak Kelompok B Tk Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Badru Zaman, Asep Hery Hernawan dancucu Eliyawati. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hasanah, N. I., & Pratiwi, H. 2017. Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kartin Kaida. 2012. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi. repository.ung.ac.id
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendiknas. 2010. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas
Pramana, A., Mawardi, W. (2012). Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011). Diponegoro Journal Management, 1 (1) , hal. 1-9.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Purwanto, M. Ngalim, 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ratnasari Dwi Ade Chandra. 2017. Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal. JI II (1). IKIP PGRI Jember.
Siti Karoma. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Journal JECED, Vol. 1, No. 1, Juni 2019 : 60-66
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Tadkiroatun, Musfiroh, 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas
Widiyanto, M.A 2013. Statistika Terapan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Yamin, Martinis dan Sabri, Sanan J. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Gaung Persada Press Group
Copyright (c) 2022 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.