PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MELALUI APE RUMAH PINTAR DI TK AL-KHAIRAT PEKANBARU

  • Esiwati
  • Radhiyatul Fithri STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
  • Nopa Wilyanita STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
Keywords: APE, Rumah Pintar, Membaca Awal

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif (APE) rumah pintar dalam mengembangkan kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Al-Khairat Pekanbaru. Adapun Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap guru kelas TK Al-Khairat Pekanbaru untuk mendapatkan gambaran kokrit tentang penerapan alat permainan edukatif rumah pintar dalam pengembangan kemampuan membaca awal anak di TK Al-Khairat Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan  mengumpulkan  data,  menyusun  data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dalam membaca awal sudah baik anak sudah dapat menulis kata dari lambang yang ditunjukkannya melalui alat permainan edukatif rumah pintar walaupun terkadang anak mengalami kesulitan pada saat menulis kata dari lambang yang ditunjukkan guru melalui alat permainan edukatif rumah pintar walaupun terkadang anak menuliskan kata ada huruf yang salah ataupun terbalik karena memang dalam kegiatan menulis ataupun kemampuan menulis anak masih pada tahap proses belajar.

 

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Aqib, Zainal. (2011). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung. Nuansa Indah.

Bungin, Burhan. (2003). Analisis DataPenelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika

Hartani A.L. (2005). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: LaksBan Pressindo

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Published
2020-12-21
How to Cite
Esiwati, FithriR., & WilyanitaN. (2020). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MELALUI APE RUMAH PINTAR DI TK AL-KHAIRAT PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 11(2), 98-111. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/101