ANALISIS KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI MUARA MAHAT BARU KAMPAR

  • Gita Megasuri Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Radhiyatul Fithri Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Herwina Herwina Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
Keywords: Kemandirian, Anak Usia Dini, Membimbing, Memotivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Muara Mahat Baru dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Muara Mahat Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data melalui observasi dan proses wawancara dengan narasumber yang terdiri dari guru dan orang tua. Hasil penelitian data yang diperoleh  kemandirian anak pada umumnya berkembang sesuai harapan dengan perolehan pesentase keseluruhan sebesar 63,88%. Hasil wawancara juga menunjukkan adanya peran orang tua untuk melatih anak mereka melakukan kegiatan- kegiatan sederhana secara mandiri. Walaupun tidak semua kegitan dapat anak lakukan dengan baik, namun orang tua tetap memotivasi dan membimbing anak mereka untuk mandiri. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dan orang tua memiliki peran dan kerjasama dalam melatih kemandirian anak serta memberikan motivasi kepada anak agar mampu mandiri melakukan kegitan mereka sendiri tanpa bantuan orang lain

References

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Hewi, L. (2015). Kemandirian Anak Usia Dini Disuko Bajo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9 (1).

Moeleong, J.L (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_____. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mutadin, Z. (2002). Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologis pada Remaja”, E. Psikologi. http://e-psikologi.com/ h.5

Prayitno. (2004) . Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supriyatno, T. & Marno. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama

Susanto. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wiyani, N.A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, N.A., & Barnawi. (2010). Konsep, Karakteristik,& Implementasi Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT. AB RUZZ MEDIA

Zaman, B. (2006). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Published
2021-07-08
How to Cite
MegasuriG., FithriR., & HerwinaH. (2021). ANALISIS KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI MUARA MAHAT BARU KAMPAR. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 12(1), 37-44. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/256