ANALISIS KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI MUARA MAHAT BARU KAMPAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Muara Mahat Baru dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Muara Mahat Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data melalui observasi dan proses wawancara dengan narasumber yang terdiri dari guru dan orang tua. Hasil penelitian data yang diperoleh kemandirian anak pada umumnya berkembang sesuai harapan dengan perolehan pesentase keseluruhan sebesar 63,88%. Hasil wawancara juga menunjukkan adanya peran orang tua untuk melatih anak mereka melakukan kegiatan- kegiatan sederhana secara mandiri. Walaupun tidak semua kegitan dapat anak lakukan dengan baik, namun orang tua tetap memotivasi dan membimbing anak mereka untuk mandiri. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dan orang tua memiliki peran dan kerjasama dalam melatih kemandirian anak serta memberikan motivasi kepada anak agar mampu mandiri melakukan kegitan mereka sendiri tanpa bantuan orang lain
References
Hewi, L. (2015). Kemandirian Anak Usia Dini Disuko Bajo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9 (1).
Moeleong, J.L (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
_____. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Mutadin, Z. (2002). Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologis pada Remaja”, E. Psikologi. http://e-psikologi.com/ h.5
Prayitno. (2004) . Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Supriyatno, T. & Marno. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama
Susanto. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wiyani, N.A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N.A., & Barnawi. (2010). Konsep, Karakteristik,& Implementasi Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT. AB RUZZ MEDIA
Zaman, B. (2006). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Copyright (c) 2021 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.