ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Lina Ryzkia Sihombing
  • Radhiyatul Fithri
  • Nopa Wilyanita
Keywords: Perkembangan Bahasa, Covid 19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan  bahasa anak usia dini di masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perkembangan bahasa pada anak belum optimal,hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena pandemi covid 19 sehingga kegiatan yang dapat mengembangkan perkembangan bahasa pada anak tidak dapat dilakukan secara maksimal. Perkembangan bahasa pada anak yang mengalami keterlambatan dalam penelitian ini lebih banyak karena faktor eksternal  karena pandemi covid 19 yang menyebabkan pembatasan sosial pada anak. Peran seorang guru dalam upaya mengembangkan perkembangan bahasa pada anak dapat dilakukan dengan mendorong, membimbing, dan memotivasi agar anak didik mampu lebih mengembangkan perkembangan bahasa,hal tersebut dapat terlaksana karena perlu adanya komunikasi juga kerjasama antara guru dan orang tua.

References

Ali, Mohammad, dkk. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azhim, Syakir Abdul. 2011. Membimbing Anak Terampil Berbahasa, Depok: Gema Insani Press.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Husaini, Usman. 2009. Metodologi Penelitiam Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press

I Gede Neil Prajamukti Wardhana. 2013. Perkembangan Bahasa Anak 0-3 Tahun Dalam Keluarga. Jurnal Linguistik (ISSN: 0854-9613)
Jauharoti Alfin dan Ratna Pangastuti. 2020. Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. Journal of Early Childhood Education and Development Vol 2 No 1
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2005. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta: Bandung.
Santrock, John W. 2009. Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. CV.
Suryana, Dadan. 2014. Dasar-dasar Pendidikan TK. In: Hakikat Anak Usia Dini. Universitas Terbuka, Jakarta
Suyanto, E. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Published
2021-12-22
How to Cite
Ryzkia SihombingL., FithriR., & WilyanitaN. (2021). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 12(2), 15-23. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/268