PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKS DI RUMAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Masalah penelitian ini yakni peran orang tua dalam pendidikan seks dirumah pada anak usia 5-6 tahun masih tergolong lemah serta kurang maksimal dalam segala perhatiannya terhadap pendidikan seks anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran orang tua terhadap pendidikan seks pada anak usia 5-6 Tahun di Perumahan Najah Muda Sejahtera RT 004 / RW 004 Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Agustus 2021. Tempat untuk melaksanakan penelitian adalah di Perumahan Najah Mudah Sejatera. Subjek penelitian terdiri 3 orang tua yang berdomisili di Perumahan Najah Mudah Sejatera. Hasil penelitian ini yakni peran orang tua dalam pendidikan seks di rumah pada anak usia 5-6 Tahun telah dilaksanakan secara baik oleh orang tua. Kesimpulan penelitian yakni orang tua sudah memperlihatkan kerjasama dalam pendidikan anak, serta mengevaluasi pendidikan seks anak, dengan adanya pendampingan ataupun pemantauan dalam setiap pendidikan seks anak di rumah yang telah dijalankan dengan baik. Saran diberikan kepada orang tua diharapkan senantiasa lebih baik dalam memperhatikan pendidikan seks anak, agar tidak terjadinya penyimpangan pada anak dalam memahami pendidikan seks yang baik
Downloads
References
Darajat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Dewi Wahyuni. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Bagi Anak Untuk Mengantisipasi LGBT. Jurnal Quantum. Vol. XIV No. 25
Dianawati, ajen. (2003). Pendidikan Seks Untuk Remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Gunarsa, Singgih. D. (2007). Psikilog Untuk Keluarga. Jakarta: Libri
Nyarko, Kingsley, Adentwi, Kobina, Asumeng, Maxwell, and Ahulu, Linda. (2014). Parental Attitude towards sex education at the lower primary in Ghana. International Journal of Elementary Education. 3 (2):21-29
Copyright (c) 2022 Intan Yuliza Kumar, Radhiyatul Fithri, Herwina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.