MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TK RIZKIA KIDS DI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di tk rizkia.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan sarana dan prasarana yang di terapkan di TK Rizkia Kids sudah baik karena setelah dilakukan perencanaan hasil perencanaan tersebut dilaporkan keyayasan baru disetujui dan disahkan anggaran tersebut. (2) pengadaan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids dilakukan dengan cara menyesuaikan rencana sarana dan prasarana yang telah di sepakati dalam rapat yang telah dilakukan sebelumnya. (3) inventarisasi sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids dalam proses inventarisasi hanya dilakukan pencatatan sarana dan prasarana pada suatu buku inventarisasi saja. (4) proses penyimpanan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids Kalau ADM sekolah disusun dengan rapi, apabila ada yang diperlukan bias diambil sesuai dengan tempatnya. (5) proses manajemen atau pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan setiap hari Kalau untuk penilaian anak di lakukan setiap hari tetapi untuk ADM lainnya dialkukan apabila di perlukan. (6) penghapusan sarana dan prasarana jika kondisi sarana dan prasarana sudah rusak Kalau sudah rusak di buat juga catatannya dan barangnya akan dibuang. (7) proses pengawasan sarana dan prasarana di TK Rizkia Kids proses pengawasan sarana dan prasarana dilakukan oleh pendidik
Downloads
References
Bafadal, I. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (2013). Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini.
Hapidin. (2007). Materi Pokok Manajemen Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Imron, A. (2014). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
J Moleong, Lexy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Matin,Nurhattati Fuad. (2018) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Depok : Rajawali Pers.
Mohamad, Mustari. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Bnandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD Mendidirikan,Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Copyright (c) 2022 Nurfadillah, Susi Herlinda, Radhiyatul Fithri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.