Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Anak Di masa Covid 19

  • Karine Tri Agustia Pohan
  • Radhiyatul Fithri
  • Herwina
Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran Anak di Rumah, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran dirumah dimasa pandemi pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian kualitatif. Tempat penelitian di TK Mustika Bunda Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 2 wali murid dan 1 guru. Hasil penelitian adalah peran orang tua dalam pembelajaraan anak di rumah dimasa Covid -19 Usia 5-6 Tahun Di TK Mustika Bunda Pekanbaru Riau telah dilaksanakan dengan baik oleh orang tua. Kondisi ini mengindikasikan bahwa orang tua telah bekerjasama dengan guru dalam pembelajaran dimasa pandemic covid – 19, dimana pembelajaran lebih banyak dilaksanakan secara “Belajar Dari Rumah” (BDR) ataupun dengan sistem daring (dalam jaringan). Saran penelitian ini kepada orang tuan diharapkan lebih berinisiatif dalam bentuk kerjasama antara orang tua dan guru guna peningkatan hasil belajar belajar anak dimasa pandemi.

References

Adelia Vera ,(2012). Metode Mengajar Anak Diluar Kelas (outdoor study).Yogyakarta.

Anwar Dan Ahmad. (2009).Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: CV Alfabeta

Dewi (2020) .Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring 56-58

Hamalik (2012).Proses Belajar Mengajar Jakarta :Bumi Aksara

Lestari,Sri (2012).Psikologi Keluarga .Jakarta Kencana Preanada media Group

Nurkholis.(2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1,25-26.
Slameto. (2003). Peranan Ayah Dalam Pendidikan Anak. Salatiga: Satya Wiydya

Soelaeman. (2012). Pendidikan Keluarga. Bandung. Alfabeta
Published
2021-12-22
How to Cite
Tri Agustia PohanK., FithriR., & Herwina. (2021). Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Anak Di masa Covid 19 . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 12(2), 9-14. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/267