PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELURAHAN SRI MERANTI

  • Purniawati Purniawati Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Susi Herlinda Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
  • Rahmah Rahmah Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau
Keywords: Perilaku Hidup Bersih, Sehat, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan data dari hasil penelitian. Penelitian ini langsung ditujukan terhadap anak dan orang tua sebagai sampel guna mendapatkan gambaran konkrit tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia 3-4 tahun di Posyandu Tampuk Manggis Kelopak Mambang RW 01 Kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai   Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun data,atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya orang tua yang ada belum optimal dan menerapkan hidup bersih dan sehat. Anak kurang menjaga kesehatan dan kebersihan, nafsu makan anak secara umum sudah cukup baik walau ada juga anak yang pilih-pilih makanan, perkembangan gerak aktif anak sudah cukup baik walaupun ada dua orang anak yang terkadang malas. Perkembangan psikologi anak seperti sikap mandiri, percaya diri, dan sikap peduli dengan lingkungan dan orang disekitar sudah baik perkembangan sikap sosial dengan lingkungan tempat tinggalnya masih bersifat berubah-ubah sesuai suasana hati. Oleh karena itu, perlunya peran orang tua untuk membantu meningkatkan perkembangan sikap mandiri, percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningrum, Riesti. (2016). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Terhadap kebersihan pribadi siswa Kelas IV dan V SD Negeri Kraton Yogyakarta Tahun 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Depkes RI (2000). Pedoman Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Masyarakat Keluarga.

Mardhiati, R. (2013). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Kesehatan Masyarakat UHAMKA.

Soegijanto, S. (2002). Ilmu Penyakit Anak, Diagnosis dan Penatalaksanaan. Edisi 1. Jakarta: Selemba Medika.
Published
2021-07-06
How to Cite
PurniawatiP., HerlindaS., & RahmahR. (2021). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELURAHAN SRI MERANTI . TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 9(1), 4-8. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/248