TARIAN TRADISIONAL “MANGACAU KALAMAI” BERHASIL MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah perkembangan kemampuan motorik kasar anak khususnya dalam keterampilan mengayun dan berjingkat di TK Pertiwi Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, bertujuan untuk memperoleh gambaran dilapangan tentang bagaimana perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui seni tari. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa tahap pertama, perkembangan awal motorik kasar anak Belum Berkembang karena anak masih belum bisa meniru gerakan tarian “Mangacau Kalamai”. Pada tahap kedua, perkembangan Motorik Kasar anak sudah mulai berkembang. Pada tahap ketiga, perkembangan Motorik Kasar anak sudah mulai berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak dapat berkembangan melalui Tarian Tradisional “mangacau kalamai”. Ternyata didapati bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat berkembang lebih optimal. Saran dari penulis adalah kegiatan menari “mangacau kalamai” dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak terutama pada kemampuan melakukan gerakan dasar (mengayun dan berjingkat) sehingga menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan berkesan bagi anak
References
Pattilima, H. (2010). Metode Pengembangan Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sujiono, B. (2005). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Sunardi dan Sunaryo. (2007). Invensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas
Suyadi. (2013) . Konsep Dasar Paud. Bandung: Rosdakarya.
Undang Undang RI No. 20 Tahun (2003) tentang: Sistem Pendidikan Nasional/SISDIKNAS. Jakarta: BP. Cipta Jaya.
Copyright (c) 2021 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.