PENGGUNAAN VIDEO EDUKASI DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kegiatan yang menarik melalui video edukasi. Peneliti akan meneliti tentang bagaimana Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Video Edukasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Jannah Jl. Sultan Syarif Qasim Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan anak usia 5 – 6 tahun di RA Miftahul Jannah pada umumnya sudah baik, hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi dan tinjauan peneliti ke rumah anak didik serta hasil wawancara dengan guru dan orang tua sebagai narasumber yang mengatakan bahwa anak sudah bisa mengenal huruf hijaiyah walaupun ada beberapa yang masih perlu bimbingan terutama tentang tanda harokat bacaan huruf hijaiyah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dan orang tua memiliki peran dan kerjasama dalam melatih anak mengenal huruf hijaiyah serta memberikan motivasi kepada anak agar mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar melalui video edukasi yang di share melalui media online. Untuk meningkatkan kemampuan anak diperlukan kerjasama antara orang tua dan guru untuk memotivasi anak giat belajar mengenal huruf hijaiyah
References
Hujair, A.H.S. (2010). Media Pembelajaran. Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Kusnawan, A. (2004). Berdakwah Lewat Tulisan. Bandung : Mujahid Grafis Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Munjiah, M. (2009). Imla’ Teori dan Terapan. UIN Malang Press.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Rahim, F. (2005). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Seefeldt, C dan Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT Indeks
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2021 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.