MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BUDAYA MELAYU RIAU DENGAN DISCOVERY LEARNING KELAS XI SMKN 1 BANTAN BENGKALIS

  • Lagiono
  • Suparmi
  • Henri Yanto Daulay
Keywords: Hasil Belajar, Budaya Melayu Riau, Metode Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar Budaya Melayu Riau pada siswa SMKN 1 Bantan Bengkalis dan juga dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan perbaikan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas satu kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 27 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode discovery learning ternyata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Budaya Melayu Riau siswa kelas XI SMKN 1 Bantan Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Kemampuan mengajar guru jelas terlihat ada peningkatan antara siklus I, siklus II dan siklus III, begitu juga dengan kemampuan pemahaman siswa juga meningkat pada saat dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Peningkatan kemampuan siswa ini dapat dilihat pada pertemuan terakhir siklus III, di mana ketuntasan secara klasikal mencapai 76,67. Dengan metode ini diharapkan dapat menjadi reeferensi dalam pembelajaran, terutama di pelajaran budaya melayu di SMKN 1 Bantan Bengkalis.

References

Sani, Berlin. (2014). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta : Kata Pena.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Bandung : Kencana Pranada Media Grop.
Published
2022-06-18
How to Cite
Lagiono, Suparmi, & Yanto DaulayH. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BUDAYA MELAYU RIAU DENGAN DISCOVERY LEARNING KELAS XI SMKN 1 BANTAN BENGKALIS. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 3(1), 41-51. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/294

Most read articles by the same author(s)