PENGARUH STRATEGI TIPE PEER LESSONS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer lessons terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi SMP Kategori VII. Penelitian dilakukan di SMP pada bulan Agustus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang hanya cocok dengan metode pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII2 eksperimen dan 34 siswa kelas VII3 kontrol, dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peer lesson berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi siswa kelas VII SMP.
References
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mulasiwi, C. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui strategi Peer Lessons dengan Media Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Vol. 1 No. 1. Hal: 1-14.
Silberman, (2012). Aktif learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusa media.
Hisyam, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD : Yogyakarta.
Copyright (c) 2022 Endrizalman, Asri Neli Putri, Suparmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.