PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PESONNA PEKANBARU

  • Devia Alen Sari
  • Paijan Rambe
  • Asri Neli Putri
Keywords: Fasilitas, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen di hotel Pesonna Pekanbaru. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 95 tamu di hotel Pessona Pekanbaru. Analisis kuantitatif melalui uji regresi linier berganda yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu fasilitas (X1) dan harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. hasil uji yang dilakukan pada uji t menunjukkan varibel bebas (X1) fasilitas dan (X2) harga yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan konsumen. variabel X1 (fasilitas ) diperoleh nilai t hitung = 5,999 dengan tingkat signifikansi 0,000 dengan demikian, maka Hipotesis X1 diterima atau fasilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil uji F pada penelitian ini didapatkan nilai F hitung sebesar 30,788 dengan angka signifikansi (P value) sebesar 0,000. Dengan tingkat signifikansi 95% (α=0,05). Angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Atas dasar perbandingan tersebut, maka variabel Fasilitas dan Harga mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan konsumen.

References

Agus, Sulastiyono. (2006). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2006). Analisis Multivanate dengan program SPSS. Edisi ke 2.Universitas Diponegoro.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Somad, Rismi dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Komunikasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ke-17. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono Fandy. (1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2022-06-15
How to Cite
Alen SariD., RambeP., & Neli PutriA. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL PESONNA PEKANBARU. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 3(1), 8-16. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/291