HUBUNGAN KEPRIBADIAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN STKIP AISYIYAH RIAU

  • Afri Liarda Neta
  • Asri Neli Putri
  • Khairi Murdy
Keywords: Kepribadian Dosen, Kepuasan Mahasiswa Dalam Belajar, Spss Versi 17.0.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepribadian dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di STKIP Aisyiyah Riau. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Populasi adalah mahasiswa STKIP Aisyiyah Riau yang berjumlah 262 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 73 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis koefisien korelasi . Untuk menguji hipotesis digunakan uji t digunakan untuk menguji besar hubungan setiap variabel bebas terhadap varibel terikat. Berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,440 dan nilai t hitung yang diperoleh adalah 4,13 sedangkan nilai t tabel adalah 1.99 untuk derajat db = 5% dan 2,65 untuk derajat db = 1%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi dosen, agar seorang dosen juga harus mempunyai kepribadian yang baik dalam proses belajar pembelajaran untuk membangkitkan semangat belajar mahasiswa, agar mahasiswa dapat belajar dengan tekun. Selain itu di harapkan bagi mahasiswa agar dapat bersungguhan untuk mengikuti proses belajar pembelajaran dengan baik. Selain itu mahasiswa hendaknya menunjukkan sikap yang positif terhadap dosen sehingga dapat memudahkan kominikasi antara dosen dan mahasiswa dalam proses belajar pembelajaran

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : PT Rineka Cipta
Abin Syamsuddin Makmun. 2006.Psikologi Pendidikan, Bandung: RosdaKarya
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang : UMM Press.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Skripsi strata satu, Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nurlaela, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ternate: Penerbit LepKhair
Sahyar 2009 Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED),jurnal vol.1, no. 3
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya
Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Zakiah, Daradjat, Kepribadian Guru, Jakarta : Bintang Bintang, 2006
Published
2021-12-20
How to Cite
Liarda NetaA., Neli PutriA., & MurdyK. (2021). HUBUNGAN KEPRIBADIAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN STKIP AISYIYAH RIAU. Jurnal Agregat : Journal of Economic Education and Economics Business, 2(2), 11-18. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/agregat/article/view/272

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>