ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknis analasis deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPS. Objek penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskripsi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya kesulitan belajar ekonomi kelas XI IPS di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Yang terdiri dari dua faktor yaitu pertama faktor internal diantaranya karena sakit, karena kurang sehat, cacat tubuh, inteligensi, bakat dan minat, yang kedua faktor eksternal diantaranya orang tua, suasana rumah, alat peraga dan media massa. siswa hendaknya memiliki pemikiran positif pada pelajaran ekonomi agar lebih semangat mengikuti pelajaran ekonomi serta lebih aktif dalam pembelajaran.
References
Andi Setiawan. M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uais Inspirasi Indonesia
Dalyono. M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurjan, Syarifan. 2015. Psikologi Belajar. Ponorogo: wade Group
Parnawi, Afi. 2020. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Rahma, A., & Hia, Y.D. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Sijunjung. Journal of Economic and Economic Education vol, 3(1) 71-78.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Copyright (c) 2021 Rohana, Khairi Murdy, Henri Yanto Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.