PERANAN KOPERASI MITRA SEHATI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI RAKYAT PADA RUKUN WARGA (RW) 14 KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

  • Ristiliana Ristiliana
  • Nurasmawi Nurasmawi Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau
  • Muhammad Ihsan Hamdy Teknik Elektro UIN Suska Riau
Keywords: Peranan Koperasi, Ekonomi Rakyat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan secara jelas mengenai objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan koperasi Mitra Sehati dalam meningkatkan ekonomi rakyat pada Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Koperasi Mitra Sehati pada tingkat Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Sedangkan objek yang akan diteliti dan menjadi fokus pada permasalahan utama dalam penelitian ini adalah peranan koperasi dalam meningkatkan ekonomi rakyat pada Rukun Warga 14 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik diantaranya teknik kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data-data tersebut akan diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menuangkan dalam bentuk deskripsi atau uraian atau laporan lengkap dan terperinci sampai akhirnya membuat kesimpulan untuk disajikan sebagai hasil penelitian.

Penelitian yang penulis lakukan ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan bahwa peranan koperasi Mitra Sehati lebih focus kepada upaya meningkatkan perekonomian masyarakat terutama ekonomi rakyat melalui ekonomi kreatif yang sedang berkembang saat ini, melalui kategori kegiatan berikut: 1). Kegiatan unit simpan pinjam dan 2). Pengadaan kegiatan ekonomi kreatif anggota dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansharullah. 2013. Ekonomi Koperasi untuk Pendidikan. Pekanbaru: Cadas Press.
Baswir, Revrisond. 2002. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE UGM.
Buku Panduan PMB-RW Kota Pekanbaru (LKM-RW Sehati Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru 2014-2016)
Jochen, Ropke. 2013. Ekonomi Koperasi Teori dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Jurnal Skripsi Universitas Jember. 2013. Peran Koperasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Perajin Batu Bata (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Jaya di Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro).
Jurnal Skripsi Universitas Sumatera Utara. 2014. Peranan Koperasi dalam Memberdayakan Masyarakat di Kota Medan.
Jurnal Tesis PMIS Untan. 2012. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Koperasi Credit Union (Studi pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak).
Sumarsono, Sonny. 2003. Manajemen Koperasi, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
UU No. 17 Tahun 2012
UU No. 25 Tahun 1992
http://inforiau.co/mobile/detailberita.
http://www.bidikonline.com/read-67706--pemko-gencarkan-program-pemberdayaan masyarakat. html. (Jumat 04 Maret 2016 Pukul 11:16:27 WIB)
http://www.riauterkini.com./Program PMB-RW Pekanbaru Percepat Pembanguan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat.html. (Kamis 12 November 2015 Pukul 22.32)
Published
2017-11-15
How to Cite
RistilianaR., NurasmawiN., & HamdyM. I. (2017). PERANAN KOPERASI MITRA SEHATI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI RAKYAT PADA RUKUN WARGA (RW) 14 KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 2(2), 75-96. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/9