ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI

  • Multisari Fatra
  • Sumarno Sumarno Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau
  • Sri Kartikowati Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau
Keywords: Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kontribusi kesulitan belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan design metode campuran (mixed method). Populasi yaitu 70 responden, dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampel yaitu siswa yang memiliki kesulitan belajar dengan nilai dibawah KKM. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk menganalisis tentang kesulitan belajar, sedangkan angket digunakan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Analisis data dengan menggunakan analisis butir soal dan regresi linier berganda pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dasar yang sulit bagi siswa kelas X, yaitu mengenai konsep ilmu ekonomi, masalah ekonomi, perilaku ekonomi dan keseimbangan pasar. Sedangkan untuk kelas XI yaitu mengenai pendapatan nasional, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, dan kebijakan moneter dan fiskal; (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar diantaranya yaitu minat belajar sebesar 5,763; motivasi sebesar 2,676; lingkungan keluarga sebesar 3.349; dan lingkungan sekolah sebesar 2,756; dan (3) faktor-faktor tersebut memberikan kontribusi yang negatif dengan sig < 0.05, yang artinya semakin kecil faktor yang mempengaruhi maka semakin besar kesulitan belajar siswa, sebalikmya semakin besar faktor yang mempengaruhi maka semakin kecil kesulitan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelman, Howard S Dan T. Linda. 2006. Student Learning Suppports. United States : Corwin Press.
Asri Budiningsih. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Cholid Narbuko Dan H. Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bachri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamzah. B. Uno . 2012.Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Irham, M. dan Novan. A.W. 2013.Psikologi Pendidikan. Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah . Jurnal Edukasi. Vol 02 Nomor 1
Nana Sudjana. 2011. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Rohmalina Wahab. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2017-11-15
How to Cite
FatraM., SumarnoS., & KartikowatiS. (2017). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 2(2), 59-74. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/8