PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SMK DI KABUPATEN KAMPAR

  • Suryati Suryati
  • Suarman Suarman Pendidikan Ekonomi Universitas Riau
  • Mahdum Mahdum Pendidikan Ekonomi Universitas Riau
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis ICT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan SMK di Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK yang berada di Kabupaten Kampar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, peneliti mengambil sampel penelitian dilakukan di SMK YPTN Bangkinang dan SMK Negeri 1 Bangkinang. Bentuk data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan teknik angket yang bersumber dari siswa. Dan data sekunder yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran pendidikan kewirausahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan paket spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan SMK di Kabupaten Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad,A. 2009.Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Barnawi, Mohammad Arifin. 2012 Schoolpreneurship: Membangkitkan Jiwa & Sikap Kewirausahaan Siswa,.Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Endang Mulyani.2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.Pusat Kurikulum. Jakarta
Eman Suherman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung
Farida, Hanum. Et al. 2015 . Kontribusi Minat Belajar dan E-Learning sebagai Media Pembelajaran terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Abtubara Sumatera Utara”.Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika Vol. 3 Nomor 1. (http://ejounal.unp.ac.id/indes.php/voteknika/article/dowload/5171/4062) Diakses tanggal 30 Maret 2017) .
Hamzah B. Uno.2011 Teori Motivasi dan Pengukurannya.Bumi Aksara. Jakarta
H. Isjoni dkk. 2008.ICT untuk Sekolah Unggul. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Hartono. 2014. Analisis Data Statistik dan Penelitian. Pustaka Belajar.Yogyakarta.
Haryanto. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Perkembangannya, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Ensiklopedia Bebas), Diakses pada 3 Januari 2017
Husnul Chotimah. 2008. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Jhonson-Elaine, B. 2007.Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna (Penerjemah : Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.
Joshua E. Susskind. 2007. Limits of PowerPoint’s Power: Enhancing Students’
Self-Effcacy And Attitudes But Not Their Behavior.Computers &Education. 1-12.
Komang Adhi Wijaya. 2012. Pengaruh Penerapan Model E-Pembelajaran Berbasis WEB Terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar Siswa. Tesis UNDIKSHA. Singaraja.
Mukhoffin. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTS Negeri Jabung Blitar. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Muhammad Fajrin, 2013.Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia . Bandung
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: CV Alfabeta
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Peraturan Menteri Pendidikan No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, pada bagian kompetensi Pedagogik Guru SMA/SMK
Rusman dkk, 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi .Grafindo Persada. Jakarta
Sukristin,Mastiah. 2014.The Application of Community-Based Economic Model in Entrepreneurial Activities. Jurnal Ekonomi Pembangunan. (Diakses tanggal 20 Oktober 2016)
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Kencana Prenada Media Grup. Jakarta
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Suryana, 2007.Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. PT.Salemba Empat. Jakarta
Taufiqurokhman. 2011.Kebijakan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. (www.ict-prisma.com, diaksestanggal 13 Oktober 2016)
Tolani-Brown, N. McCormac, M. Zimmermann, R. 2009. An Analysis of the Research and Impact of ICT in Education in Developing Country Contexts”. Journal of Education for International Development.4, (2), 1-12.
Zimmerer, W. Thomas And Norman M. Scarborough. 2012. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. (edisi bahasa Indonesia). Jakarta.
Published
2017-11-15
How to Cite
SuryatiS., SuarmanS., & MahdumM. (2017). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SMK DI KABUPATEN KAMPAR. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 1(1), 20-38. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/6