MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 SMAN 2 SINGINGI MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK
Abstract
Berdasarkan penilaian yang diberikan didapat bahwa ada beberapa orang peserta didik dikelas XI IPA 2 SMAN 2 Singingi memiliki masalah terkait dengan rendahnya kecerdasan interpersonal. permasalahan ini terjadi karena berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Untuk membantu meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI IPA 2 SMA N 2 Singingi maka peneliti memberikan layanan konseling kelompok. Mereka diberi kesempatan untuk menyampaikan permasalahan, pengalaman, pengetahuan dan keluhan yang mereka alami ataupun mereka memberikan masukan, saran, pendapat ataupun sanggahan kepada kelompok atau teman yang lain. Dengan suasana kelompok yang terbuka dan penuh kekeluargaan mereka merasa senasib dan memiliki tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui layanan konseling kelompok adalah salah satu cara yang cocok untuk melatih, mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan interpersonal. Sebelum diberikan layanan konseling kelompok, persentase hasil angket kecerdasan interpersonal berkisar antara 33-63 % (rata-rata 54%), setelah mengikuti layanan konseling kelompok meningkat menjadi 67-80% (rata-rata 75%). Sebelum tindakan dan setelah tindakan ada peningkatan 17%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui pemberian layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 2 Singingi.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta
Goleman, D. (2000) Emotional Intelligence, Jakarta: PT: Gramedia Pustaka
Prayitno. (2004). Pelayanan Konseling di Sekolah. Padang: Universitas Negeri Padang
Copyright (c) 2021 TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.