STUDI KASUS KETERAMPILAN DASAR AKADEMIK ANAK USIA 4 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Santi Kusuma Dewi
Keywords: Keterampilan Dasar Akademik, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat keterampilan dasar akademik yang dimiliki oleh anak yang mengikuti kegiatan di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus yaitu metode riset yang menggunakan sumber data yang sebanyak mungkin bisa digunakan untuk menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek mengenai individu secara sistematis. Subjek penelitian adalah seorang anak berusia 4 tahun yang mengikuti kegiatan di Taman Kanak-kanak. Informan peneliti adalah ibu dan guru subjek, serta tugas-tugas yang telah dilakukan subjek. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami hambatan dalam keterampilan dasar akademik. Keterampilan dasar akademik yang dimiliki anak, diharapkan dapat diasah secara optimal saat anak mengikuti kegiatan di Taman Kanak-kanak untuk menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. Cambridge: Harvard University Press.
Byrnes, J dan Wasik, B. (2009). Picture This: Using Photography as a Learning tool in early Chilhood Classrooms. Chilhood Education; Summer; 85, 4; pg. 243-248. Pensylvania: ProQuest Search Library.
Carlton, M dan Winsler, A. (1998). Fostering Instrinsic Motivation in Early Chilhood Classrooms. Early Childhood Education Journal, Vol. 25, No. 3, p.159-166. Human Sciences Press, Inc.
Hetherington, E and Parke, R. (1999). Child Psychology a Contemporary Viewpoint. Fifth edition. USA: McGraw-Hill College.
Kariuki, dkk. (2007). Effectiveness of early childhood education programme in preparing pre-school children in their socialemotionalcompetencies at the entry to primary one. Educational Research and Review Vol. 2 (2), pp. 026-031, February 2007. http://www.academicjournals.org/ERR.
McCartney, K dan Philips, D. (2006). Blackwell Handbook of Early Childhood Development. Oxford: Blackwell Publishing.
Meeker, M. (1969). The structure of Intellect. Its Interpretation and Uses. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.
National Institute for Literacy. (2009). Early Beginnings. Early Literacy Knowledge and Instruction: A guide for early childhood administrators and professional development providers. Washington, DC.
Owens, R. E. (1996). Language Development An introduction. Fourth Edition. USA: Allyn & Bacon.
Patmonodewo, S. (1993). Program Intervensi Dini Sebagai Sarana Peningkatan Perkembangan Anak. Studi Eksperimen Kuasi di Dua Desa Untuk Menguji Efektivitas Paket Ibu Maju Anak Bermutu. Disertasi. Depok: Program Pascasarjana. Universitas Indonesia.
Rafoth, M. A, dkk. (2004). School and Home. School Readiness - Preparing Children for Kindergarten and Beyond: Information for Parents. Bethesda: National Association of School Psychologist. (www.nasponline.org/resources/handouts/schoolreadiness.pdf)
Saunders, D. (2009). Home Program Activities: Fine Motor Strength and Dexterity. Canada. http://dsaundersot.webs.com/Home Program Activities for Fine Motor Strength & Dexterity.pdf
Published
2017-11-17
How to Cite
DewiS. K. (2017). STUDI KASUS KETERAMPILAN DASAR AKADEMIK ANAK USIA 4 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 1(1), 179-189. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/15