PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA PENDEBITAN DAN PENGKREDITAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS JURNAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Handayani Pekanbaru.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Handayani Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 81 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS (Statistica Product and Service Solution) versi 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil dan analisa data dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Handayani Pekanbaru, ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% maupun 1% (4.603 > 2,65 > 2.00), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Handayani Pekanbaru.
Downloads
References
Elvi maria manurung. Akuntansi dasar untuk pemula, Jakarta: erlangga, 2011
Hartono, Analisis Item Instrumen, Bandung: Nusa Media, 2010
, SPSS Analisis Data Statistik dan Penelitian dengan Komputer, Yogyakarta: Aditya Media, 2005
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2007
Soejanto, Agoes, Bimbingan Kearah Kita Belajar Yang Sukses, Jakarta: Rineaka Cipta, 1995.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2008.
Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.