PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA PENDEBITAN DAN PENGKREDITAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS JURNAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU

  • Naskah Naskah
  • Salmiah Salmiah Pendidikan Ekonomi FTK UIN Suska Riau
Keywords: Pemahaman Siswa, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Handayani Pekanbaru.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Handayani Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi Siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 81 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS (Statistica Product and Service Solution) versi 16.0 for windows.

Berdasarkan hasil dan analisa data dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Handayani Pekanbaru, ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% maupun 1% (4.603 > 2,65 > 2.00), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman siswa pada pendebitan dan pengkreditan terhadap motivasi menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Handayani Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakar, Abu Muhammad, Pedoman Pendidikan dan Pengajaran, Surabaya: Usaha Nasional, 1981
Elvi maria manurung. Akuntansi dasar untuk pemula, Jakarta: erlangga, 2011
Hartono, Analisis Item Instrumen, Bandung: Nusa Media, 2010
, SPSS Analisis Data Statistik dan Penelitian dengan Komputer, Yogyakarta: Aditya Media, 2005
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2007
Soejanto, Agoes, Bimbingan Kearah Kita Belajar Yang Sukses, Jakarta: Rineaka Cipta, 1995.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2008.
Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Published
2017-11-15
How to Cite
NaskahN., & SalmiahS. (2017). PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA PENDEBITAN DAN PENGKREDITAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS JURNAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 2(2), 165-178. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/14