PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 di Air Tiris untuk sampel sebanyak 96 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasilnya bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut:1) Kompetensi pedagogik guru secara langsung berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan koofisien P sebesar 0,601 2) Kompetensi pedagogik guru secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan koofisien P sebesar 0,247.3) Motivasi belajar siswa berpengaruh secara langsung terhadap prestasi dengan koofisien P sebesar 0,549.4)Kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara langsung terhadap prestasi dengan koofisien P sebesar 0,247 dan pengaruh secara tidak langsung kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan koofisien P sebesar 0,329.
Downloads
References
Antonius. 2015. Buku Pedoman Guru, yrama Widya. Bandung.
Budi Trianto. 2016. Riset Modeling. Adh-Dhuha Institude. Pekanbaru.
Dewi Endah Fajariana. 2013. Pengaruh kualitas input, kompetensi guru sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik sman pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2009/2010 di situbondo, Staf Pengajar, Universitas Panca Marga, Probolinggo.
Farida Hanum et all. 2015. Kontribusi minat belajar dan E- learning sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan teknik computer dan jaringan SMK Negeri 1 Air Putih di kabupaten Aptubara Sumatera Utara “. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika Vol.3 nomor 1.
(http://ejournal.unp.ac.id./indes.php/voteknika/article/download/5171/4062) diakses tanggal 30 maret 2017).
Feralis Nouvali., Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh,. Jurnal pencerahan volume 6 nomor 1, maret 2012 halaman 17-32 ISNN 1693-7775
Dimyati dan Mudjiono.,2015, belajar dan pembelajaran ,Rieneke Cipta. SJakarta
Hamid Darmidi., 2009, Kemampuan Dasar Mengajar, alfabeta, bandung.
Hamzah.b.uno.,2012,Teori motivasi dan pengukurannya., Bumi aksara,Jakarta
Hartono., 2010., Analisis Item Instrument., Zanafa Puublishing., Pekanbaru.
Ikha Primaningtyas.,2014 Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Peserta didikterhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 6 Semarang Tahun 2012/2013, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Alamat korespondensi: GedungC6Lantai1 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229 E-mail: ikhaprim5@yahoo.co.id, ISSN 2252-6544
Izuddin Syarif., 2012 Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik Smk,.Jurnal pendidikan vokasi vol 2 nomor 2, juni 2012.
Latifatul Awal Rizqiani., 2014 Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Partisipasi Peserta didik Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Petanahan Kebumen) Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Oemar hamalik,2012 Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.na
Oemar hamalik,2012 Psikologi Belajar dan Mengajar, PT.,Sinar Baru Algensindo.,Bandung.
Pardede dan Manurung., 2014., Analisis Jalur Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.
Purwanto., 2011., Statistika untuk Penelitian., Pustaka Pelajar., Yogyakarta.
Ridhaul Inayah, et all. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Peserta didik, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta didik XI IPS SMA NEGERI 1 LASEM Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal pendidikan insan mandiri vol.1 no. 1 2013.h
Ruslan, Rosadi. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi., Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Sahat Renol HS., Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Xi Ips Sma Negeri. Prosiding seminar nasional pendidikan ekonomin bisnis fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret Surakarta ,sabtu 07 november 2015.
Sardiman., 2014, interaksi dan motivasi belajar mengajar , PT. Raja grafindo persada Jakarta.Sardiman.
Slameto., 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta:
Staf Pengajar, Universitas Panca Marga, Probolinggo., pengaruh kualitas input, kompetensi guru, sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar Terhadap prestasi belajar peserta didik sman Pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2009/ 2010 di situbondo ISSN 2354-6948.
Sugiyono.,2011., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.,Alpa Beta., Bandung.
Suharsimi Arikunto., 2010., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.,Rineka Cipta., Jakarta.
Sulistyowati, Yunik , 2012 Widiyanto, FX Sukardi., Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Ekonomi Peserta didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012 Universitas Negeri Semarang, Inonesia. Alamat korespondensi:Gedung C6 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang E-mail: yunik90kakaiba@yahoo.com, ISSN 2252-6544
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.