HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

  • Rahmah Rahmah
  • Roza Yuliawati
Keywords: Kompetensi guru, pengelolaan lingkungan belajar

Abstract

Kompetensi merupakan karakteristik mendasar seseorang yang berhubungan timbal balik dengan suatu kriteria efektif dan atau kecakapan terbaik seseorang dalam pekerjaan.  Pengelolaan lingkungan belajar adalah kegiatan guru yang berhubungan dengan pengaturan siswa, alat, ruang, dan waktu dimana proses belajar berlangsung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru terhadap pengelolaaan lingkungan belajar di RA  Kecamatan Tampan Pekanbaru. Adapun tempat penelitian di RA  Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dan sampel penelitian yang diteliti adalah guru RA yang belum Sertifikasi di Kecamatan Tampan Kota Pekanbarusebanyak 44 orang. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan angket. Teknik menganalisa data penelitian menggunakan rumus r Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan kompetensi guru terhadap pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Ini berarti bahwa kompetensi yang dimiliki guru benar-benar mempengaruhi pengelolaan lingkungan belajar, dengan kata lain semakin baik pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung 26,535 > F tabel 4,06.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri, Sofan dan Elisah, Tatik. 2011. Strategi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Mariayana, Rita dan Nugraha, Ali dan Rachmawati, Yeni. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.
Muhammad Fadlilaah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui pelatihan dan Sumber Belajar toeri Dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Nugraha, Ali dan Rachmawati, Yeni. 2003. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wasis. 2008. Pedoman Riset Praktis. Jakarta: EGC.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Syamsu LN, dan Sugandhi, Nani M. 2011, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197803082001122-RITA_MARIYANA/JENIS_KOMPETENSI_GURU_TK.pdf
Published
2017-11-15
How to Cite
RahmahR., & YuliawatiR. (2017). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. TA’LIM JOURNAL : Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 1(1), 111-129. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talim/article/view/11