HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU
Abstract
Kompetensi merupakan karakteristik mendasar seseorang yang berhubungan timbal balik dengan suatu kriteria efektif dan atau kecakapan terbaik seseorang dalam pekerjaan. Pengelolaan lingkungan belajar adalah kegiatan guru yang berhubungan dengan pengaturan siswa, alat, ruang, dan waktu dimana proses belajar berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru terhadap pengelolaaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Adapun tempat penelitian di RA Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dan sampel penelitian yang diteliti adalah guru RA yang belum Sertifikasi di Kecamatan Tampan Kota Pekanbarusebanyak 44 orang. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan angket. Teknik menganalisa data penelitian menggunakan rumus r Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan kompetensi guru terhadap pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Ini berarti bahwa kompetensi yang dimiliki guru benar-benar mempengaruhi pengelolaan lingkungan belajar, dengan kata lain semakin baik pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung 26,535 > F tabel 4,06.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Mariayana, Rita dan Nugraha, Ali dan Rachmawati, Yeni. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.
Muhammad Fadlilaah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui pelatihan dan Sumber Belajar toeri Dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Nugraha, Ali dan Rachmawati, Yeni. 2003. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wasis. 2008. Pedoman Riset Praktis. Jakarta: EGC.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Syamsu LN, dan Sugandhi, Nani M. 2011, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197803082001122-RITA_MARIYANA/JENIS_KOMPETENSI_GURU_TK.pdf
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.