PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI DI KAMPUNG NELAYAN (Penelitian Etnografi Anak Usia 5-6 Tahun di Pulau Untungjawa Kepulauan Seribu, 2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk ajaran perilaku sosial di kampung nelayan, proses penanaman perilaku sosial anak usia 5-6 tahun dan mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung perilaku sosial anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan kualitaif etnografi. Subjek penelitian ini adalah empat orang anak dari TK Satu Atap SD usia 5-6 tahun yang berjumlah. Penelitian ini dilakukan di Pulau Untungjawa, Kepulauan Seribu, Jakarta. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa adapun bentuk ajaran perilaku sosial masyarakat nelayan Pulau Untungjawa yaitu: Agama sebagai panutan yang harus dipatuhi, Memiliki sikap saling tolong menolong dengan sesama, Turut merasakan apa yang orang lain rasakan, Tidak membuat keributan sehingga saling bekerja sama, Tidak mengambil milik orang lain, yang bukan hak kita.
Downloads
References
Kusnadi. Akar Kemiskinan Nelayan https://www.scribd.com/doc/75907967/Kehidupan-Sosial-Keluarga-Nelayan (Yogyakarta: LKiS, 2008).
Morrison S. George. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) edisi kelima. Jakarta: Indeks, 2012.
Notoatmodjo Soekidjo. Metedologi Pendidikan dan Pengajaran (Jakarta: Badan Penerbit Kesehatan Masyarakat, 1983).
Novan dan Muhammad, Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. JIL. SI Foundation, 2005
Santoso S. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2004).
Santrock, John W. Life Spam Development. Perkembangan Masa Hidup Jakarta: Erlangga,2002.
Slavin E. Robert, Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT. Indeks, 2011.
Soerjono.Kamus Sosiologi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001).
Spradley James P. Participant Observation.New York Mc. Graw-Hill Book Comparation, 1994.
Sukmadinata Nana Syaodih.Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2009.
Suryadi.Psikologi Belajar PAUD. Pedagogia, Agustus 2010.
Sugiyono.Memahami Penelitian Kualitatif (Cet. III; Bandung: CV. Alfabeta, 2007).
Trianto.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana, 2011.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.