PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SINGINGI

  • Desi Perwanti
  • Susi Herlinda STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
  • Nopa Wilyanita STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU
Keywords: Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Analisis Kuantitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di Kec. Pucuk Rantau Kab. Kuantan SingingiAnalisis  kuantitatif  melalui uji  regresi linier sederhana yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas kelompok kerja guru terhadap variabel terikat kompetensi pedagogik guru. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu kelompok kerja guru (X)  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa  koefisien  regresi  bertanda  positif.  Dari model regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu Kelompok kerja guru  memiliki  pengaruh  positif  dan  signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru (Y) dengan nilai regresi 1,385 dan nilai t hitung sebesar 24,948 lebih besar dar t tabel sebesar 2,021 dengan tingkat signifikansi 0,000. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelompok kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru. Saran kepada guru diharapkan ikut berperan aktif mengikuti setiap kegiatan kelompok kerja guru sebagai wadah atau tempat berbagi ilmu dan ide gagasan terkait dengan kegiatan pembelajaran disekolah sebagai salah satu solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi disekolah.

References

Akdon. (2005). Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajenen. Bandung: Dewa Ruchi

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Berlian, R. (2014). “Efektifitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran (Studi Pada Kegiatan Kerja Guru Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong)”. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Dwi Priyatno. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta : Andi.

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-12-21
How to Cite
PerwantiD., HerlindaS., & WilyanitaN. (2020). PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SINGINGI. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 11(2), 75-83. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/99