PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA MEDIA WAYANG KERTAS TK ISLAM AL-MUJAHIDIN PEKANBARU

  • Deatri Arfanda Putri
Keywords: Disiplin, Metode Bercerita, Media Wayang Kertas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 4 orang anak dan guru sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil observasi mengenai penegmbangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru dimana nilai yang dihasilkan sebesar 0,87 berada dalam kriteria penilaian sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan terhadap penerapan metode bercerita dengan media wayang kertas dalam disiplin pada anak usia dini 5 sampai 6 tahun di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru. Pengembangan disiplin kepada anak bertujuan untuk membentuk tingkah lakunya agar sesuai dengan keinginan masyarakat, dan menghindari tingkah laku yang tidak diinginkan. Saran Kepada guru diharapkan agar terus kreatif dan mengoptimalkan media yang lebih menarik, menyenangkan, dan bervariasi agar dapat membuat anak berminat dan antusias terhadap proses pembelajaran dan Kepada pihak sekolah, dapat menjadi motor penggerak dalam perbaikan terhadap proses pembelajaran.

References

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fadillah, M & Khorida, L.M. (2013). Pendidikan Karakter Anak usia Dini, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Iswantiningtyas, Veny. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Percobaan sains sederhana. Makalah disediakan dalam Seminar Nasional, Universitas Kanjuran Malang.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini, Jakarta: Depdiknas.

Published
2019-06-28
How to Cite
PutriD. A. (2019). PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA MEDIA WAYANG KERTAS TK ISLAM AL-MUJAHIDIN PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(1), 44-57. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/97