DAMPAK KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL KARIMAH

  • Cindy Aulia Noviaraj
Keywords: Kekerasan Orang Tua, Perilaku Anak Usia 5-6 Tahun, Metode Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kekerasan orang tua terhadap perilaku anak usia dini usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al Karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berlokasi di TK Islam Al Karimah, pemilihan lokasi ini atas pertimbangan bahwa persoalan-persoalan yang akan di teliti oleh peneliti ada di lokasi ini. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ( pengamatan ) peneliti di lapangan tentang dampak  kekerasan orang tua terhadap perilaku anak usia dini usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al Karimah bahwa orang tua masih banyak yang melakukan tindakan kekerasan di dalam pola asuh anak itu ada penyebab nya, seperti  anak yang  susah untuk diarahkan, tidak mau belajar dalam kata lain tidak mau mendengarkan orang tua nya, dan  karena adanya faktor ekonomi  dalam keluarga juga terkadang menimbulkan emosi tersendiri di dalam diri orang tua  yang terkadang hanya untuk mendidik anak agar dia dapat mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

References

Abu Huraerah, (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Nuansa, Bandung.

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Dr. Bagong. (2013). Sosiologi Ekonomi, Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Surabaya: Prenada Media Groupa Cipta.

Published
2019-06-28
How to Cite
NoviarajC. A. (2019). DAMPAK KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL KARIMAH. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(1), 37-43. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/90