PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK AL-ULUM KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

  • Bernawati Marpaung
Keywords: Guru Pendamping, Proses Pembelajaran, Penelitian Kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Ulum Kecamatan Tampan Pekanbaru. Metode penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian   kualitatif sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pendamping telah  melaksanakan perannya dengan baik dalam merencanakan kegiatan program pendidikan, menetapkan kegiatan bermain, merencanakan kegiatan yang disusun berdasarkan kelompok usia, melaksanakan proses pendidikan, memilih dan menggunakan media, memberikan motivasi, memberikan bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak dan juga melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru pendamping dan juga guru pendamping berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan-keterampilan dalam meningkatkan tingkat perkembangan anak yang membutuhkan bantuan dan bimbingan khusus dari peran guru pendamping dan juga guru pendamping membantu menyiapkan bahan perencanaan pembelajaran dari mulai perencanaan kegiatan dan juga hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sebagaimana tugas seorang guru taman kanak-kanak.

References

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Muliawan, Jasa, Ungguh. (2009). Manajemen Play group dan Taman Kanak-kanak. Jogjakarta: Diva Press.

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yamin, H. Martinis. (2012). Panduan PAUD PendidikanAnakUsiaDini. Jakarta: Referensi.

Husaini, Usman.(2009). Metodologi Penelitiam Sosial.Jakarta : Bumi Aksara.

Published
2019-06-28
How to Cite
MarpaungB. (2019). PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK AL-ULUM KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(1), 21-36. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/89