PENINGKATAN PROGRAM KKG DALAM MEMOTIVASI GURU DI GUGUS SAKURA KEC. TENAYAN RAYA

  • Amini
Keywords: KKG, Program KKG, Motivasi Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui Analisis Program KKG dalam memotivasi guru di Gugus Sakura Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap 8 lembaga pendidikan yang terdiri dari 5 TK dan 3 PAUD. Penelitian dilakukan dengan mengunakan metodologi kualitatif deskriftif. Hasil penelitian adalah Kegiatan KKG di Gugus Sakura setiap programnya disususn berdasarkan kesepakata anggota pada Gugus tersebut, keaktifan anggota di Gugus Sakura pada umumnya baik, namun pengaktifan tersebut tidak lepas dari peran kepala sekolah yang mengajak guru untuk hadir di kegiatan KKG, program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kwalitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus aktif hadir dalam kegiatan KKG untuk menambah wawasan tentang anak usia dini dan penyususnan program KKG diutamakan membahas tentang aplikasi dalam mengajar anak usia dini. Program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kualitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan.

References

Danim, Sudarwan. (2004). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Moloeng, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suryadi Imam . (2012). Peran Organisasi Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Delia Pres

Uno, Hamzah B. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumo Aksara.

Wahyudi Imam.(2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka

Published
2019-06-28
How to Cite
Amini. (2019). PENINGKATAN PROGRAM KKG DALAM MEMOTIVASI GURU DI GUGUS SAKURA KEC. TENAYAN RAYA. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(1), 10-20. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/88