ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPPH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAMPAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPPH di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Penyasawan Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, melakukan penelitian langsung terhadap guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran tentang kemampuan guru dalam penyusunan RPPH. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyusuna RPPH guru sudah menjalankan perannya dengan cukup baik dengan menyusun dan melakukan program pembelajaran yang telah dirancang sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Guru menyusun program pembelajaran dalam RPPH. Kegiatan yang dilaksanakan oleh guru telah dirancang sedemikian rupa dalam sebuah RPPH yang merupakan pengembangan dari RPPM perencanaan pembelajaran mingguan dan secara garis besarnya dari program semester sekolah yang terdapat kompetensi dasar yang akan dicapai dalam penyelengaraan pendidikan sekolah. Saran kepada kepala sekolah hendaknya dapat lagi meningkatkan peran aktifnya dalam mengembangkan skill guru terutama dalam pemahaman penyusunan RPPH disekolah, dan guru diharapakan dapat meningkatkan keilmuannya sebagai pendidik dengan mengembangkan wawasan sebagai guru dengan memperluas pemahaman baik pada kegiatan pembelajaran, penggunaan media dan bahan ajar, penyusunan admnistrasi seperti RPPH serta kemampuan dalam mengembankan program pembelajaran.
References
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta.: Prestasi Pustakarya.
Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Febliza Asyti & Afdal Zul. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.
Mulyasa, (2011). Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya
Permendikbud No. 146. 2014. Tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta