PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V

  • Onna Ramadhani
Keywords: Peran Guru, Moral Anak Usia Dini, Membangun Sikap dan Perilaku

Abstract

Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, untuk Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit peran guru dalam mengembangkan moral anak usia dini. Metode  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif,  dengan  jalan  mengumpulkan  data,  menyusun  data, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan pembentukan moral anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Pekanbaru antara lain moral terhadap teman sebaya (tolong menolong dengan teman, berbagi, bekerjasama, sabar menunggu giliran, bersikap ramah dengan teman, belajar untuk menghargai dan menghormati sesama), moral terhadap diri sendiri (belajar untuk mandiri, merapikan mainan sendiri dan menjaga kebersihan diri) melalui Peran pendidik memberikan pembelajaran moral dalam bentuk praktis, pendidik menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan cerita, pendidik memberikan nasehat dan teguran kepada anak didiknya serta bekerjasama dengan orang tua dalam membentuk moral anak.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Penerbit PT: Rineka Cipta. Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset,

Winarno Surakhmad, (2000). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Tekhnik, Bandung: Tarsito

Published
2020-07-21
How to Cite
RamadhaniO. (2020). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 8(2), 88-98. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/84