PENERAPAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Kiki Yuslinda
Keywords: Media Pasir, Kemampuan Konsep Bilangan, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu:1) Dengan menggunakan penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru . Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan-perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan media pasir, 2) Kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru tahun dengan menggunakan media pasir mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,5% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 54,1% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 77,7% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Peningkatan yang terjadi dari data awal ke siklus I sebesar 14,6%, nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 23,7%, dan peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke siklus II sebesar 38,3%

References

Suharsimi Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Published
2020-07-21
How to Cite
YuslindaK. (2020). PENERAPAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 8(2), 70-78. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/82