PELAKSANAAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN DI PAUD NURHIDAYAH KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengenalkan konsep bilangan dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode field trip dalam pembelajaran di PAUD Nurhidayah Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data utama adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah : (1) mereduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Nurhidayah dan objek penelitian adalah Pelaksanaan metode field trip dalam pemabelajaran guna meningkatkan konsep bilangan pada anak. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang anak. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan, dari 21 anak yang diobservasi 11,57% “Berkembang Sangat Baik” (BSB), 58,5% “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH) dan Mulai Berkembang (MB) 29,93%. Namun pihak lembaga masih belum mengerti pentingnya kegiatan ini dalam pembangan anak.
References
Hariwijaaya dan Atik Sustiwi. 2008. 1001 Pendekatan Multiple Intelligence. Yogyakarta: almatera Publishing.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, J Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhammad Fadlillah. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.Faisal
Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang: Ya3 Malang.