KINERJA GURU TK YANG SUDAH SERTIFIKASI DI KECAMATAN SUKAJADI

  • Dwi Lestari Ningsih
Keywords: Teacher Performance, Certified Teacher, Quantitative Descriptive

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Semua guru yang  menjadi sampel penelitian  yang berjumlah 30 orang. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dibahas pada bab terdahulu tentang kinerja guru TK yang tersertifikasi dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru pada unsur kualifikasi dan tugas guru berada pada kategori sedang yaitu 70.9 %, Kinerja guru pada unsur pengembangan profesi guru sudah berada pada kategori sedang, yaitu 67% dan Kinerja guru TK tersertifikasi pada unsur pendukung profesi guru sudah berada pada kategori tinggi pada indikator menjadi pengurus organisasi kependidikan/sosial yaitu 74.2 %.

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2001. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ke Tiga”. Jakarta : Balai Pustaka.

Muhaimin, dkk 2010. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah /Madrasah, Jakarta : Kencana Prenada Mulia Group.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Priatna, nanang. Sukamto, tito. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: ROSDA.

Zamroni. 2007 . Meningkatkan Mutu Sekolah . Jakarta : PSAP Muhamadiyah

Published
2020-07-20
How to Cite
Lestari NingsihD. (2020). KINERJA GURU TK YANG SUDAH SERTIFIKASI DI KECAMATAN SUKAJADI. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 8(1), 10-22. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/78