ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR

Hamnah, Susi Herlinda, Santi Kusuma Dewi

  • Hamnah Hamnah STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Susi Herlinda STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Santi Kusuma Dewi STKIP ‘Aisyiyah Riau
Keywords: Program Gugus Guru PAUD, Deskriptif

Abstract

Latar belakang penelitian adalah program gugus Mawar saat ini kurang efektif karena kurangnya disiplin dari pemimpin maupun pengurus. Penelitian bertujuan meningkatkan kedisiplinan pengurus Gugus Mawar, efesiensi dalam kegiatan dan memotivasi setiap anggota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir dengan jumlah lembaga 8 PAUD dan jumlah Guru 27 orang, Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi langsung ke Gugus Mawar untuk mengamati bagaimana program bergugus guru PAUD di Kecamatan Rumbai Pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kegiatan pelaksanaan program Gugus PAUD tiga bulan terlaksana dengan baik. Pada pelaksanaan program di bulan Oktober yaitu Membuat brus bajud ari kain perca. Guru yang hadir 60% dan yang menyelesaikan tugas 40% yang tidak 20%. Pada pelaksanaan program di bulan November yaitu APE dari botol aqua bekas. Guru yang hadir 85% dan yang menyelesaikan kegiatan 83% yang permisi 2%. Pada pelaksanaan program di bulan Desember dengan yaitu Sosialisasi Penilaian ke Buku Narasi dengan guru yang hadir 95%. Program Gugus Guru PAUD Mawar sudah terbentuk dan tersusun sesuai dengan program yang disusun secara bersama. Hanya saja pada pelaksanaan program di lapangan berjalan dan di ikuti oleh seluruh anggota gugus.

Ā 

References

AR. Hernawan, 2013, Peran gugus Paud dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD Non Formal di Kecamatan Ciranjang kabupaten Cianjur, JurnalEMPOWERMENT Volume 2, Nomor 2 September 2013. ISSN No.2252-4783

Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Pedoman Pembinaan Gugus Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Dirktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Dirktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Muhammad Suhardi, Ahmad Sonhadji K.H, Nurul Ulfatin. 2013. Manajemen Gugus Pendidikan Anak Usia Dini ( Studi Kasus pada Juara Nasional Gugus PAUD Kota Malang) TESIS Program Pascasarjana.

S Musrofah. (2014) Artikel tentang Pedoman Pembinaan Gugus PAUD

Sadirman AM.Jakarta (1990) Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Rajawali Press

Syamsuddin Erman Dr. (2011), Pedoman Pembinaan Gugus Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Dirktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Dirktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Undang ā€“ undang Nomor 14 Tahun 2015. Tentang Dosen dan Pendidik. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Djamā€™an Satori dan Aan Komariah,2011. Metode Penelitian Pendidikanā€¯ Bandung: CV Pustaka Setia

Published
2020-06-22
How to Cite
HamnahH., HerlindaS., & DewiS. K. (2020). ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR: Hamnah, Susi Herlinda, Santi Kusuma Dewi. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 11(1), 36-49. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/51