PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK AL-MULK KAMPAR

Arismawati, Nini Aryani, Nopa Wilyanita

  • Arismawati Arismawati STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Nini Aryani STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Nopa Wilyanita STKIP ‘Aisyiyah Riau
Keywords: Tam-Tam Buku, Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Tradisional

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Tam-Tam Buku terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap 15 orang anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. mengunakan  metode sampling  jenuh.  Kemudian  dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis  Kuantitatif  melalui uji  t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples  t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan penggunaan permainan tradisional Tam-Tam Buku terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan perkembangna sosial emosional anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya penggunaan permainan tam tam buku  memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak  Usia 4-5 Tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Dimana permainan tradisional Tam-Tam Buku merupakan permainan yang dimainkan secara kelompok terdapat atau terjalinnya interaksi antar setiap pemain sehingga terdapat kontak sosial dan emosional anak.

 

References

Depdiknas. (2009). Permendiknas No . 58/2009 tentang standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta:Depdikbud Author.

Nurjaman, D. (2010). Permainan tradisional. Bandung : Mitra Sarana Publishing.

Pramana, H, W. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Publishing.

Rismawati. Implementasi permainan tradisional gayo lues dalam upaya Meningkatkan kemampuan berbahasa Anak usia dini. (2017) 96-105 Volume V Nomor 2 Juli – Desember 2017 STKIP Bina Bangsa Getsempena Author.

Suryana, D. (2017). Dasar-dasar Pendidikan TK. PAUD4107/MODUL 1 Author.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA Publishing.

Widiyanto, A,M. (2013). Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Publishing.

Yusuf, S. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Publishing.

Published
2020-06-21
How to Cite
ArismawatiA., AryaniN., & WilyanitaN. (2020). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK AL-MULK KAMPAR: Arismawati, Nini Aryani, Nopa Wilyanita. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 11(1), 1-11. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/48