MENGENALKAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Widiana Putri
  • Herwina
  • Susi Herlinda
Keywords: Konsep Bilangan, Media, Audio Visual, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan yang menarik yaitu melalui media Audio Visual. peneliti akan meneliti tentang bagaimana kemampuan anak mengenal konsep bilangan dengan baik dan cepat, hal ini dilakukan dengan  merencanakan suatu media melalui online membuat video yang menarik untuk anak dapat mengenal konsep bilangan, dan dapat menghitung jumlah yang di share melalui aplikasi whatsapp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Satu Atap Tualang pada umumnya sudah baik, hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi dan  tinjauan peneliti ke rumah anak didik serta hasil wawancara dengan orang tua sebagai narasumber yang mengatakan bahwa anak sudah bisa mengenal angka walaupun ada beberapa yang masih perlu bimbingan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dan orang tua memiliki peran dan kerjsama dalam melatih  anak mengenal konsep bilangan  serta memberikan motivasi kepada anak agar mampu mandiri melakukan kegitan mereka sendiri tanpa bantuan orang lain.

References

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Moleong, j, Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Pangestika, Nurlia. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran Di Sma Negeri 5 Depok. Jakarata: Uin Syarif Hidayatullah.
http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41759/1/NUR LIA PANGESTIKA-FITK.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prenada Media Group

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga

Suryana. (2010). Metode Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung : UPI

Usep, Kustiawan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera

Yazid Busthomi, M. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing
Published
2022-06-28
How to Cite
PutriW., Herwina, & HerlindaS. (2022). MENGENALKAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 13(1), 44-57. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/284