MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI KEGIATAN MEMBUAT BONEKA TANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data peningkatan kreativitas seni anak melalui kegiatan membuat boneka tangan dari bahan sisia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) . Subjek yang diambil untuk penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kelas B1 yang terdiri dari 7 LK dan 9 PR. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data melalui siklus I yang terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan adalah dengan menggunakan rumus persentase= f/n x100%. Hasil penelitian data yang Kreativitas seni selalu meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan 3. Penelitian menunjukkan bahwa membuat boneka tangan, merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, minat anak untuk berkreasi dan berimajinasi sungguh besar hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian terhadap kreatifitas anak mencapai skor 59 dari skor tertinggi 64, dan pengembangan imajinasi anak siperoleh skor 61 dari skor tertinggi 64. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan bahan sisa dan bervariasi. Oleh karena itu bahan sisa dapat digunakan dan dipilih oleh guru karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan kreativitas seni.
References
Asfandian. (2008). Dasar dan Teori Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Rosdakarya
Kartika,Sony Dharsono. (2004). Senirupa Modern. Bandung. Rekayasa Sains
Latif, Muhammad. (2014). Metode Bercerita Anak Usia Dini. Jakarta: Tarity Samudra Berlian
Sa’dun, Akbar. (2010) . Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Pada Anak , Seni Rupa Anak, Jakarta: DEPDIKNAS
Sudijono, Anas. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sunaryo. (2002). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC
Suyanto, Slamet. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: DEPDIKNAS
Wardhani, IGK. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Group.
Copyright (c) 2022 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.