PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK DI TK TWO M KID’S PEKANBARU

  • Siska Febriyanti
  • Nopa Wilyanita
  • Herwina
Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Sains, Efektif

Abstract

Pembelajaran sains pada anak usia dini bukan hanya sekedar memindahkan pengetahuan guru kepada murid. Dalam pembelajaran sains di butuhkan teknik dan pendekatan tertentu agar menarik minat anak sehingga muncul rasa ingin tahu dan keinginan untuk melakukan kegiatan percobaan yang akan meningkatkan pemahaman anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di Tk Two M Kid’s Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di Tk Two M Kid’s sudah sesuai dengan pedoman pengelolaan pembelajaran PAUD kurikulum 2013 dan dapat membuat pembelajaran sains anak menjadi efektif. Hal ini di lihat dari kemampuan anak dalam melakukan aktivitas mengamati dengan seluruh indera nya, menanyakan hal-hal yang ingin ia ketahui, menalar atau menghubungkan pengalaman yang dimiliki dengan yang baru di dapat, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan mengkomunikasikan kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran sains melalui bahasa lisan atau hasil karya.

References

Alamsyah, N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 1(1):81-88

Creswell, John W. (2016). RESEARCH DESIGN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Ditjen Paudni. (2018). Buku Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD.

Helaluddin & Hengki Wijaya. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Lasepta, Esterina. (2017). Panduan Guru Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. Jakarta: Zikrul Hakim.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1): 28-35

Putri, Suci Utami. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Sumedang: UPI Sumedang Press.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walujo, Djoko Adi & Anies Listyowati. (2017). KOMPENDIUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Depok : Prenadamedia group.

Wulandari, Catur. (2020). Penerapan Pendekatqn Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Semarang : Universitas Semarang
Published
2022-06-28
How to Cite
FebriyantiS., WilyanitaN., & Herwina. (2022). PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK DI TK TWO M KID’S PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 13(1), 20-32. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/282