MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN KUCING JONGKOK PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa perkembangan Sosial Emosional di kelompok B RA Nurul Iman Kec. Minas Kab. siak masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya kemampuan sosial emosional anak juga rendah, untuk membantu meningkatkan kemampuan sosial emosional peneliti membuat permainan kucing jongkok. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Permainan Kucing Jongkok dapat Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada anak kelompok B setelah diterapkan permainan Kucing Jongkok . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian 10 anak kelompok B. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan nilai rata-rata Perkembangan sosial emosional anak masih 5,3 setelah adanya tindakan disiklus I nilai rata-rata anak mulai naik menjadi 6,8 dan saat siklus II nilai rata-rata anak naik menjadi 9,3. Hal tersebut membuktikan bahwa permainan kucing jongkok dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.
References
Cahyo Yumono, dkk, Permainan Tradisional Anak Nusantara, Semarang, LPPM Universitas Negeri Semarang
Durri Andriani. 2017. Metode Penelitian.Banten. Universitas Terbuka
Enah Suminah dkk, 2018, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Enah Suminah dkk, 2015, Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini
Etik Suryanti, dkk, 2016, Upaya meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Ular Naga pada Anak Kelompok B (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Volume 4 No 1-Tahun 2016)
Faisal. 2017. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Igak Wardani dan Kuswaya Wirhadit. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Banten. Universitas Terbuka
Masganti Sit, 2015, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Medan, Perdana Publishing
Mahmud dan Tedi Priatna, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik, Bandung, Tsabita
Masganti Sit, 2012, Perkembangan Peserta Didik ,Medan, Perdana Publishing
Mu’alimin danRahmat Arofah Hari Cahyadi, 2014 , Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, Pasuruan, Ganding Pustaka
Muhammad Afandi, 2011,Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Dasar dan Umum, Bandung, Alfabeta
Nilawati Tadjuddin, 2014, Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al- Qur’an, Depok,Herya Media
Rahmah, 2019, Metode Pengembangan Sosial Eosional anak Usia Dini, Pekan Baru, STKIP ‘Aisyiyah Riau
Syafaruddin dkk, Pendidikan Pra Sekolah, 2016, Medan, Perdana Publishing
Slamet Suyanto, 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
Siti Aisyah,dkk, 2014, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Banten, Universitas Terbuka
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yuliani Nurani ujiono, 2013, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, PT Indeks
Copyright (c) 2022 Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.