MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN KUCING JONGKOK PADA ANAK KELOMPOK B

  • Rahma
  • Lisna Wati
  • Susi Herlinda
Keywords: Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Kucing Jongkok

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa perkembangan Sosial Emosional di kelompok B RA Nurul Iman Kec. Minas Kab. siak masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya kemampuan sosial emosional anak juga rendah, untuk membantu meningkatkan kemampuan sosial emosional peneliti membuat permainan  kucing jongkok. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Permainan Kucing Jongkok dapat Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional  pada anak kelompok B  setelah diterapkan permainan Kucing Jongkok . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian 10 anak kelompok B. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada  pra tindakan nilai rata-rata Perkembangan sosial emosional anak masih 5,3 setelah adanya tindakan disiklus I nilai rata-rata anak mulai naik menjadi 6,8 dan saat siklus II nilai rata-rata anak naik menjadi  9,3. Hal tersebut membuktikan bahwa  permainan kucing jongkok  dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.

References

Ahmad Sutanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Bumi Aksara
Cahyo Yumono, dkk, Permainan Tradisional Anak Nusantara, Semarang, LPPM Universitas Negeri Semarang
Durri Andriani. 2017. Metode Penelitian.Banten. Universitas Terbuka

Enah Suminah dkk, 2018, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Enah Suminah dkk, 2015, Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini

Etik Suryanti, dkk, 2016, Upaya meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Ular Naga pada Anak Kelompok B (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Volume 4 No 1-Tahun 2016)

Faisal. 2017. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Igak Wardani dan Kuswaya Wirhadit. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Banten. Universitas Terbuka

Masganti Sit, 2015, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Medan, Perdana Publishing

Mahmud dan Tedi Priatna, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik, Bandung, Tsabita

Masganti Sit, 2012, Perkembangan Peserta Didik ,Medan, Perdana Publishing

Mu’alimin danRahmat Arofah Hari Cahyadi, 2014 , Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, Pasuruan, Ganding Pustaka
Muhammad Afandi, 2011,Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Dasar dan Umum, Bandung, Alfabeta

Nilawati Tadjuddin, 2014, Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al- Qur’an, Depok,Herya Media

Rahmah, 2019, Metode Pengembangan Sosial Eosional anak Usia Dini, Pekan Baru, STKIP ‘Aisyiyah Riau

Syafaruddin dkk, Pendidikan Pra Sekolah, 2016, Medan, Perdana Publishing

Slamet Suyanto, 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional

Siti Aisyah,dkk, 2014, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Banten, Universitas Terbuka

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliani Nurani ujiono, 2013, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, PT Indeks
Published
2022-06-29
How to Cite
Rahma, WatiL., & HerlindaS. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN KUCING JONGKOK PADA ANAK KELOMPOK B . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 13(1), 1-11. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/280