ANALISIS GURU DALAM MERANGSANG MOTORIK KASAR DENGAN KEGIATAN SHELL DANCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Dea Rahmadani
  • Nini Aryani
  • Nopa Wilyanita
Keywords: kegiatan tari, motorik kasar, anak usia 5-6 tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan analisis guru dalam meningkatkan motorik kasar dengan kegiatan tari tempurung anak usia 5-6 tahun di Tk Putra Persada Pekanbaru. Adanya kegiatan tari di Tk Putra Persada Pekanbaru dapat membuat perkembangan anak menjadi lebih baik dengan mengunakan motode penelitian yaitu penelitian kualitatif dimana subjek penelitian ini adalah 4 anak usia 5-6 tahun di Tk Putra Persada Pekanbaru. Teknik peneitian adalah reduksi data, penyajian data dan penearikkan kesimpulan. Hasil kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa tari tempurung merupakan hal yang dapat meningkatkan motorik kasar anak di Tk Putra Persada Pekanbaru dimana anak tidak selit menggerakan anggota tubunya kerna sedah terbisa melakukan gerakan dengan adanya kegiatan tari tersebut, juga anak sudah dapat melakukan gerakan koordinasi deangan di ringi lagu dan sudah mulai percaya diri dalam melakukan gerakan dalam tari sehingga tercapainya motorik kasar pada anak dengan baik di Tk Putra Persada Pekanbaru dengan langkah-langkah yaitu menyiapkan gerakan tari yang dilatih serta properti tari, memberikan contoh gerak tari tempurung, demonstrasi meniru gerakan tari tempurung dan melaksanakan evaluasi yang telah dilakukan.

References

Asyah Siti. 2008. Ddk Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini.
Gunarti Winda 2008. Ddk Metode Perkembangan Perilaku Dan Kemampuan asar Anak Usia Dini. Sumiyati, 3 (1), 85.
Hardiyani Dwi dan M. Sukirman. 2008. Srategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini. Sumiyati, 3(1), 84.
Hasan Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini.Sumiyati, 3(1), 85.
Horlock Elisabeth. 2005. Metode Perkembangan Anak. Sumiyati, 3(1), 85.
Http:// Serigala.com /asal-usul-dan-mmakna-dari-tari-tempurung.
Miles, ddk 1994. Qualitatif Data Analisis : An Expanded Sourcebook. Sage.
Mursyid. 2015. Belajar Dan Pembelajran PAUD. Sumiyati, 3(1), 82.
Nutbrown Cathy dan peter Clounh. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini. Tri Utami. 1(2), 1.
Sujiono Bambang. 2014. Ddk Metode Pengembangan Fisik. Sumiyati, 3(1), 86.
Sumiyati. 2018. Metode Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Vol 3. NO 1.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2017. Dasar-dasar Peneitian Kalitaif. Jogyakata: Pustaka Pelajar.
Sujiono. Bambang. 2015. Metode Pengembangan Fisik. Aida Farida. IV (2).
Utami Tri. 2017. Penanaman Kopetensi Inti Melalui Pendekatn Sentifik Di PAUD Terpadu An-nuur.Vol 1 No2
Published
2021-12-22
How to Cite
RahmadaniD., AryaniN., & WilyanitaN. (2021). ANALISIS GURU DALAM MERANGSANG MOTORIK KASAR DENGAN KEGIATAN SHELL DANCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 12(2), 1-8. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/266