UPAYAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) DI KELAS A TK ABA 3 RUMBAI
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru pada pembelajaran melipat, menggunting, dan menempel. Penelitian ini dilakukan karena guru mengalami kesulitan dalam memberi pemahaman pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam usaha mengembangkan motorik halus anak dalam berolah tangan. Kegiatan 3M yang dilakukan secara berulang-ulang, diharapkan anak dapat lebih terampil dan menyenangi kegiatan ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, berlokasi di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus anak dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 54,51% dan meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata kelas 75,35%.
References
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanakkanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurani Yuliani, Sujiono dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sriyani. (2011). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Khususnya Dalam Melipat Pada Anak Kelompok A Di TK Al Hidayah Bendo Kota Blitar. (Tidak diterbitkan), Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Talogo, Sandra. (2004). Kreatif Lewat Menggunting dan Menempel. (online), dalam Tabloid Nakita Nomor 260 Tahun V (http://www.tabloidnakita.com/artikel.php3?edisi=05260&rubrik=prasekolah) diakses tanggal 10 November 2011.