UPAYAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) DI KELAS A TK ABA 3 RUMBAI

  • Susi Herlinda
Keywords: Penerapan 3M (melipat, menggunting, menempel), Motorik Halus Anak, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru pada pembelajaran melipat, menggunting,  dan  menempel.  Penelitian  ini  dilakukan  karena  guru  mengalami  kesulitan dalam  memberi  pemahaman  pada  anak.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengatasi permasalahan  dalam  usaha  mengembangkan  motorik  halus  anak  dalam  berolah  tangan. Kegiatan 3M yang dilakukan  secara berulang-ulang, diharapkan anak dapat lebih terampil dan menyenangi kegiatan ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, berlokasi di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus anak  dari  siklus I dengan nilai  rata-rata kelas 54,51% dan  meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata kelas 75,35%.

References

Hildayani dkk, Rini. (2009). PsikologiPerkembangan Anak . Jakarta: Universitas Terbuka
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanakkanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurani Yuliani, Sujiono dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sriyani. (2011). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Khususnya Dalam Melipat Pada Anak Kelompok A Di TK Al Hidayah Bendo Kota Blitar. (Tidak diterbitkan), Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Talogo, Sandra. (2004). Kreatif Lewat Menggunting dan Menempel. (online), dalam Tabloid Nakita Nomor 260 Tahun V (http://www.tabloidnakita.com/artikel.php3?edisi=05260&rubrik=prasekolah) diakses tanggal 10 November 2011.
Published
2020-11-12
How to Cite
HerlindaS. (2020). UPAYAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) DI KELAS A TK ABA 3 RUMBAI . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 183-188. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/224