PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Nopa Wilyanita
Keywords: media gambar, kemampuan bahasa arab anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun Di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memberikan perlakuan terhadap variabel penelitian (variabel bebas), kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian (variabel terikat). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yaitu sebanyak 1 kelas yaitu 17 orang anak yang terdapat pada kelas B2 yang berusia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Media gambar memiliki pengaruh sebesar 29,1% terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini menunjukkan nilai 29,1% tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Nilai ini diperoleh dari nilai pre test dan post test. Dimana  jumlah skor yang diperoleh dalam pre test sebesar 325 dengan nilai persentase sebesar 47,8%, dan jumlah skor yang diperoleh dalam post test sebesar 523 dengan nilai persentase sebesar 76,9%. Maka besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab adalah 76,9% - 47,8% = 29,1%.

References

Arsyad Azhar, 2006. Media Pembelajaran Jakarta: Raja Wali Perss.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Effendy Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Harimurti Kridalaksana, 2003. Linguistik, (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Hermawan Acep, 2011. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.
Junus Husain, dkk. 2006. Bahasa Indonesia; Tinjauan Sejarahnya dan Pemantauan Kalimat yang Baik dan Benar, Surabaya: Usaha mandiri
Jusni Bainil, 2000. Media dalam pembelajaran PKN: Pekanbaru
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Muna Wa, 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: teras
Musbikin Imam, 2010. Buku Pintar Paud Dalam Perspektif Islami, Jokjakarta
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Peneliti Untuk Guru-Karyawan dan Pemula Alfabeta
Sadiman Arief S., , dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Samsudin. 2008.Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Litera
Santosa Puji dkk, 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
Sudjana Nana., 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta

Suhartono. 2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Depdiknas, Jakarta
Syaiful Mustafa. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Malang: UIN MALIKI PRESS,
Tadkiroatun Musfiroh , 2005.Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan Djago dkk, 2001. Pendidikan Keterapilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan Henry G, 2007. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa: Bandung: Angkasa.
Published
2019-12-30
How to Cite
WilyanitaN. (2019). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(2), 152-170. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/223