HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TK NEGERI PEMBINA PANGKALAN KERINCI
Abstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Kepribadian Guru Di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada guru yang ada di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci dan untuk dimana guru sebagai sampel untuk melihat hubungan kepemimpian kepala sekolah dengan kompetensi kepribadian guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa koefisien regresi bertanda positif. Dari nilai koefesien tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kompetensi kepribadian guru (Y) dengan nilai regresi 0,541 dan nilai t hitung sebesar 2,876 lebih besar dari t tabel dari n:22 sebesar 2,076 dengan tingkat signifikansi 0,009. artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi kepribadian guru di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Artinya dengan semakin tinggi kepemimpinnan kepala sekolah maka kompetensi kepribadian guru akan semakin tinggi pula
References
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.