HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TK NEGERI PEMBINA PANGKALAN KERINCI

  • Susi Herlinda
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian, Metode Kuantitatif

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Kepribadian Guru Di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada guru yang ada di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci dan untuk dimana guru sebagai sampel untuk melihat hubungan kepemimpian kepala sekolah  dengan kompetensi kepribadian guru. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa  koefisien  regresi  bertanda  positif.  Dari nilai koefesien tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu kepemimpinan kepala sekolah  memiliki hubungan positif  dan  signifikan terhadap kompetensi kepribadian guru (Y) dengan nilai regresi 0,541 dan nilai t hitung sebesar 2,876 lebih besar dari t tabel dari n:22 sebesar 2,076 dengan tingkat signifikansi 0,009. artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi kepribadian guru di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Artinya dengan semakin  tinggi kepemimpinnan kepala sekolah maka  kompetensi kepribadian guru akan semakin tinggi pula

References

Damayanti, Deni. 2013. Panduan Lengkap Menyusun Proposal, Skripsi, Disertasi. Yogyakarta: Alaska.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.
Published
2019-12-27
How to Cite
HerlindaS. (2019). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TK NEGERI PEMBINA PANGKALAN KERINCI. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 10(2), 139-151. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/222