HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMOTIVASI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK KEC. KAMPAR KIRI HILIR KAB. KAMPAR

  • Syalwa
Keywords: Tingkat Pendidikan Guru, Kemampuan Memotivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara tingkat pendidikan guru dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kec. Kampar Kiri  Hilir Kab Kampar. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kampar kiri Hilir Kabupaten Kampar yang berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan lembaran angket. Hasil penelitian data yang diperoleh dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adalah tidak ada hubungan yang signnifikan antara tingkat pendidikan guru dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kampar kiri Hilir Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih kecil dari t tabel, atau nilai t hitung sebesar 1,62 dan nilai t tabel 1,684. Dengan demikian tingkat pendidikan guru tidak memiliki hubungan dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran.

References

Akdon. 2005. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Baheram, Murni. 2008. Pembinaan Kompetensi Mengajar (PKM). Pekanbaru: Cendikia Insani.

Budiningsih, Astri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B. Uno. 2007. Guru yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusdinal. 2005. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, P. Sondang. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soetjipto. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan dan Memotivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Published
2020-10-26
How to Cite
Syalwa. (2020). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMOTIVASI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK KEC. KAMPAR KIRI HILIR KAB. KAMPAR. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 175-182. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/215