ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DI SENTRA BERMAIN PERAN USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 KOTA PEKANBARU

  • Herwina
Keywords: Strategi Pembelajaran, Sentra Bermain Peran, Penelitian Kualitatif

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah tingginya antusias siswa di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru terhadap kegiatan pembelajaran disentra bermain peran, anak memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran di sentra bermain peran dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam sentra bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam melakukan pembelajaran di sentra bermain peran anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru di sentra bermain peran di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Gugus Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, setelah proposal ini diseminarkan. Berdasarkan Hasil Penelitian ini mengenai “analisis strategi pembelajaran guru di sentra bermain peran anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 kota pekanbaru” bahwa sentra bermain peran memiliki sistem pembelajaran yang lebih sulit untuk anak karena, di dalam kegiatan pembelajaran di sentra bermain peran anak lebih banyak melakukan kegiatan percakapan yang aktif. Guru di sentra bermain peran juga memiliki kemampuan secara teori dan praktik yang bagus, sehingga penerapan teori bermain peran dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam kegiatan bermain peran.

References

Kurnia, Rita.2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru:Cendikia Insani
Latif, Mukhtar, dkk. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: kencana
Lexy J, Moeleoung. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Masitoh, dkk. 2017. Strategi Pembelajaran TK. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep DanTeori. Jakarta:PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2020-10-24
How to Cite
Herwina. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DI SENTRA BERMAIN PERAN USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 KOTA PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 161-174. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/209