PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TAMPAN

  • Nurhikmah
Keywords: Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kompetensi guru taman kanak-kanak di kecamatan tampan”. Dilatar belakangi oleh adanya perbedaan antara sekolah yang gurunya banyak mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan sekolah yang gurunya jarang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kompetensi guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tampan.  Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kafah membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencangkup penguasan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi dan profesionalitas. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 35 orang guru taman kanak-kanak  di kecamatan tampan.  Kemudian  dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif.  Analisis  kuantitatif  melalui uji hipotesis. Dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon dua sampel yang saling berhubungan, uji Wilcoxon digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan rata-rata dua sampel yang saling berhubungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari  hasil Test Statistik of Wilcoxon Signed menunjukkan Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 maka H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi guru taman kanak-kanak di kecamatan tampan.

References

Abdul Majid Dan Dian Andayani, (2004), Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Andrew F Sakula (1995). The Management Of Human Resources. Jhon Wiley And Son’s. Inc. New York

Fatoni, Abdurrahman, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Rineka Cipta

Martoyo, Susilo, (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, BPFE

Mulyasa, E, (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mufah, Jejen, (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, Edisi Pertama

Notoatmodjo, Soekidjo, (2003). Pengembangan Sumber Daya Mnusia, Rineka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi

Kenezevich, Stephen J. (1984). “Administration of Public Education”. New York: Harper Collins Publishers.

Imas dan Berlin, (2015). “Kupas Tuntas Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG)” Yogyakarta; Kata Pena.

Sudjana, Nana, (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset)

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

Veithzal Rivai, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, Cetekan Pertama

Wahyudi, Imam, (2012). Pengembangan Pendidikan, Jakarta, PT Prestasi Pustakaraya, Cetakan Pertama

Wursanto IG, Drs. (1999), Manajemen Kepegawaian I, Yogyakarta, Kaninus

Published
2020-08-24
How to Cite
Nurhikmah. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TAMPAN. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 139-160. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/153