PENGARUH PENAYANGAN MEDIA FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

  • Marlia Ningsih
Keywords: Film animasi Syamil dan Dodo, Perkembangan Moral Anak

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia dini. Kaitan film animasi Syamil & Dodo ini terhadap perubahan perkembangan moral anak yaitu dengan menonton tayangan film animasi Syamil & Dodo ini dapat dijadikan media untuk memberi keteladanan bagi anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak mampu belajar dan mengubah prilaku negatif menjadi prilaku yang lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dengan mengambil subjek TK Aisyiyah IV Pekanbaru. Hasil penelitian yaitu adanya pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah IV Pekanbaru

References

Aisyah, S. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Akdon. (2005). Aplikasi Statistika Dan Metode Penilaian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi

A.M., Sardiman.(2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anas, Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Arikunto, S. (2006). Metodologi Penelitian Suatu Pendekata Proposal.

Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asep Kusnawan, et. al. (2004). Komunikasi dan Penyiaran Islam: Mengembangkan Tabligh Melalui Mimbar, Media Cetak, Radio, Televisi, Film dan Media Digital.Bandung: Benang Merah Press.

Christiana H.S. (2012). Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Daryanto. (2010). Media pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Effendy. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung :PT. Remaja Rosda Karya.

Eliyawati, Cucu. (2009). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dim. Jakarta: DIKNAS.

Fitriyani. (2016). Penanaman Akhlakul Karimah Melalui Media Kartun Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Ma’arif Beji, Kedungbanteng Banyumas. Purwokerto : IAIN

Gunarti, Winda. dkk. (2016). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamid, Darmadi. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: ALFABETA

Hasan, Aliah B. (2006). Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter:Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Pres.

Rita, Eka Izzaty. (2005). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak TK. Jakarta: DEPDIKNAS

Sjarkawi. (2005). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suciati, dkk. (2008). Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta:

Bumi Aksara

Syamsu,Yusuf. (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja . Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wawan dan Dewi M. (2010), Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan perilaku Manusia,Yogyakarta: Nuha Medika.

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Cet ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2020-08-24
How to Cite
NingsihM. (2020). PENGARUH PENAYANGAN MEDIA FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI . Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 125-138. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/152