PENGARUH PENAYANGAN MEDIA FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia dini. Kaitan film animasi Syamil & Dodo ini terhadap perubahan perkembangan moral anak yaitu dengan menonton tayangan film animasi Syamil & Dodo ini dapat dijadikan media untuk memberi keteladanan bagi anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak mampu belajar dan mengubah prilaku negatif menjadi prilaku yang lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dengan mengambil subjek TK Aisyiyah IV Pekanbaru. Hasil penelitian yaitu adanya pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah IV Pekanbaru
References
Aisyah, S. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Akdon. (2005). Aplikasi Statistika Dan Metode Penilaian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi
A.M., Sardiman.(2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anas, Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Arikunto, S. (2006). Metodologi Penelitian Suatu Pendekata Proposal.
Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asep Kusnawan, et. al. (2004). Komunikasi dan Penyiaran Islam: Mengembangkan Tabligh Melalui Mimbar, Media Cetak, Radio, Televisi, Film dan Media Digital.Bandung: Benang Merah Press.
Christiana H.S. (2012). Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Daryanto. (2010). Media pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Effendy. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung :PT. Remaja Rosda Karya.
Eliyawati, Cucu. (2009). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dim. Jakarta: DIKNAS.
Fitriyani. (2016). Penanaman Akhlakul Karimah Melalui Media Kartun Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Ma’arif Beji, Kedungbanteng Banyumas. Purwokerto : IAIN
Gunarti, Winda. dkk. (2016). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamid, Darmadi. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: ALFABETA
Hasan, Aliah B. (2006). Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter:Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Pres.
Rita, Eka Izzaty. (2005). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak TK. Jakarta: DEPDIKNAS
Sjarkawi. (2005). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Suciati, dkk. (2008). Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta:
Bumi Aksara
Syamsu,Yusuf. (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja . Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wawan dan Dewi M. (2010), Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan perilaku Manusia,Yogyakarta: Nuha Medika.
Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Cet ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.