ANALISIS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) DALAM MENUNJANG SARANA DAN PRASARANA PEKANBARU

  • Istianatul Khairiyah
Keywords: Penggunaan Dana, BOP, Sarana Prasarana

Abstract

Tujuan penelitian adalah unuk mengetahui upaya penggunaan dana BOP di Gugus Nila Kota Pekanbaru. Penelitian dilakukan di TK Baiturrahman, TK Islam Al-Mujahidin dan TK Santa Maria. BOP PAUD adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasioanl untuk mendukung kegiatan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni. Subjek penelitian adalah kepala sekolah TK Baiturrahman, TK Islam Al-Mujahdidin dan TK Santa Maria. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mengannalisis data-data tersebut dan memberikan interprestasi terhadap data yang diperoleh dengan cara memberikan penjelasan yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penerimaan dan pengeluaran dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya buku kas penggunaan dana BOP di masing-masing TK sesuai dengan  juknis pemerintah

References

Kemendikbud. “Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini”. Kemendikbud. Jakarta. 2018.

Kemendikbud. “Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini”. Kemendikbud. Jakarta. 2017.

Kemendikbud. “Petunjuk Teknis Penggunaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini”. Kemendikbud. Jakarta. 2016.

Kemenkeu . “perubahan atas peraturan menteri keuangan nomor 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa”. Kemenkeu. Jakarta 2017.

Akbar, syahbilal. “Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Dana Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dan Bantuan Operasional Ppendidikan(BOP)Sebagai Informasi Untuk Pengendaian Interval Pada Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 171 Jakarta”. Skripsi sarjana Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2010.

Ekawati Yuliana, Dhian. ”Pengelolaan Sarana Pada Program PAUD Percontohan Nasional Di SKB Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara”. Skripisi Sarjana Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta. 2011.

Rizky Hayastuti, Damayanti. ”Prosedur Administrasi Pemberian Hibah Untuk Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD Pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuagan Dan Aset Daerah Kabupaten Situbondo”. Laporan KKN Universitas Jember. 2017

Sugiyono.”Memahami Penelitian Kualitatif”. Afabeta. Bandung. 2013.

Suyadi .”Manajemen PAUD”. PUSTAKA PELAJAR. Yogyakarta. 2011.

Sutarman Maman, dkk. “Manajemen Pendidikan Usia Dini”. PUSTAKA SETIA. BANDUNG. 2016.

Reni Swastika, Florentina, dkk. “ Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Karanganyar (studi Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini)”. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Diponerogo. 2016.

Published
2020-08-24
How to Cite
KhairiyahI. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) DALAM MENUNJANG SARANA DAN PRASARANA PEKANBARU. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 9(2), 106-124. Retrieved from http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/151